Kamis, 14 Maret 2019

BERSAMA RUMAH BELAJAR, DUNIA DALAM GENGGAMAN


Kemajuan dibidang teknologi kian pesat, terutama teknologi informasi. Satu demi satu bermunculan karya-karya terbaru dari setiap produk alat telekomunikasi dengan berbagai fasilitas. Demikian juga berbagai domain yang ada di dunia maya sangat memfasilitasi pengguna untuk memperoleh informasi yang diinginkan. Informasi yang berkenaan dengan dunia pendidikan saat ini dengan sangat mudahnya dapat diakses. Masyarakat, pendidik dan peserta didik dengan mudahnya mendapatkan semua informasi tersebut. Tugas kita sebagai para pendidik, mengarahkan peserta didik agar dapat dengan bijaknya menggunakan gadget mereka. Meminimalisir dampak negatif dari penggunaan gadget dengan menawarkan domain-domain yang bersifat edukatif dan kompetitif.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi (Pustekkom) mengembangkan salah satu portal belajar online yaitu Rumah Belajar dengan domain https://belajar.kemdikbud.go.id.
Portal ini dapat dimanfaatkan oleh pendidik untuk mendukung proses mengajar yang lebih interaktif di kelas. Tak hanya itu, melalui laman itu maka peserta didik dapat menggunakannya sebagai bahan belajar alternatif, baik itu di dalam dan  luar  jam  sekolah, sehingga pengunaan gadget kearah domain yang tidak diharapkan dapat mulai kita minimalisir.
Portal Rumah Belajar memilki sejumlah fitur menarik seperti Buku Sekolah Elektronik (BSE) dan Sumber Belajar. Fitur Buku Sekolah Elektronik menjadi alternatif untuk para peserta didik yang tidak dapat memiliki buku fisik, atau pun sebagai tambahan referensi acuan belajar selain dari buku yang telah dimiliki. Sejauh ini, BSE telah menyediakan lebih dari 2000 buku dari jenjang PAUD/TK, SD, SMP, dan SMA/SMK.
Mereka yang mengunjungi situs ini juga akan menikmati sebuah fitur bernama Sumber Belajar, di mana pengunjung bisa mendapatkan penjelasan materi pelajaran secara komprehensif dan interaktif. Setiap materi akan dikupas mulai dari kompetensi, materi, simulasi, latihan, dan tes. Seluruhnya disajikan dengan menggunakan audio video dan animasi, sehingga diharapkan akan memudahkan  peserta didik  memahami materi terkait.
Fitur lain yang bisa digunakan pendidik dan peserta didik melalui Rumah Belajar seperti Peta Budaya, untuk mempelajari berbagai macam budaya di Indonesia, Wahana Jelajah Angkasa, sebagai simulasi benda-benda angkasa, Bank Soal, kumpulan soal-soal latihan dan tes, maupun Kelas Maya, yaitu kelas virtual sehingga fasilitator atau guru dapat mengajar siswa dari jarak jauh.
Manfaat dari rumah belajar meliputi : (1) Sebagai sumber bahan belajar, meliputi Materi Pokok; Modul Online; Pengetahuan Populer; Bank Soal/Uji Kompetensi; Multimedia Interaktif; Video on Demand (VoD), dan dapat di download dan digunakan sesuai kebutuhan belajar, (2) Sebagai sarana komunikasi dan kolaborasi: antar individu pendidik, antar peserta didik, antar sekolah, berbagi ide dan pengalaman, berita, artikel dengan pengguna lainnya melalui fasilitas forum, serta untuk menampilkan profil sekolahnya sebagai subdomain  rumah belajar, (3) Sebagai wahana pengembangan profesionalisme guru, meliputi mengembangkan rencana pembelajaran di template RPP, bahan ajar yang sesuai kurikulum dan media pembelajaran (gambar, video, animasi, simulasi, audio, dan presentasi).
Rumah Belajar dapat menjadi alternatif yang baik, materi-materinya telah sesuai dengan kurikulum saat ini dan telah dikaji bersama dengan para pendidik yang berkompeten. Rumah Belajar ini hadir juga sebagai bagian dari pemanfaatan teknologi dalam belajar sehari-hari yang kini sudah menjadi hal umum, bahkan sudah terbilang wajib untuk beberapa kalangan. Belajar online merupakan cara belajar masa kini, generasi melek teknologi adalah generasi menjanjikan untuk masa depan lebih baik dan siap berkompetisi. Dunia dalam genggaman, belajar dapat dilakukan dimana saja, kapan saja dan dengan siapa saja.
Biologi, menginspirasi
Rumah Belajar, memfasilitasi
Link terkait :https://youtu.be/xJn1KR7tXms
                     https://youtu.be/RDLwXAzoXI8

Tidak ada komentar:

Posting Komentar