Kamis, 14 Maret 2019

KELAS MAYA


Kelas maya atau virtual class merupakan lingkungan belajar yang dibuat secara tatap muka secara langsung antara pengajar dan peserta didik. Yang mana pengajar sudah mempersiapkan bahan ajar dalam bentuk materi digital yang dapat diakses, disimpan dan dibagikan dengan internet yang dapat diakses kapan saja dan dimana saja.
Kelas maya menyajikan fasilitas kepada pengajar untuk mengupload bahan ajar yang dapat diunduh langsung oleh siswa yang ikut dalam kelas itu. Yang termasuk membedakan kelas maya dengan kelas biasa yakni pada keterbatasan komunikasi, sebab tidak terjadi muka secara langsung.
Pada kelas virtual, kemajuan proses belajar bisa dilihat oleh guru, siswa dan juga orang tua. Kelas virtual bisa dipakai sebagai penunjang kelas langsung “tatap muka” dan juga dipergunakan untuk pembelajaran jarak jauh murid dengan guru.
Tujuan Kelas Maya
  • Membuat pembelajaran yang bisa berlangsung kapan saja dan dimana saja dengan menghemat waktu dan biaya.
  • Dapat meningkatkan keterampilan pemakaian teknologi IT menjadikan lebih kreatif sekaligus menambah minat belajar.
  • Memaksimalkan kemampuan pribadi walaupun diluar kelas langsung/tatap muka.

Tujuan dari kelas maya antara lain yaitu:

Kelas Maya merupakan sebuah learning management system (LMS) yang dikembangkan khusus untuk memfasilitasi terjadinya pembelajaran online (daring) antara siswa dan guru kapan saja dan di mana saja.Pada waktu tertentu yang terjadwal oleh guru, siswa dapat mengikuti pembelajaran virtual dengan guru melalui tool komunikasi sinkronous (chat, video conference, audio conference, desktop sharing, whiteboard)
Rumah belajar  memfasilitasi dengan delapan fitur utamanya, dimana salah satunya adalah kelas maya. Kelas maya dapat dilihat pada URL https://belajar.kemdikbud.go.id/KelasMaya/

Untuk lebih jelasnya, mari kita saksikan video-video berikut ini :


Biologi, menginspirasi



Tidak ada komentar:

Posting Komentar